DEBUT SINGLE ENKA TANABE OKURA

Selain dikenal sebagai negara yang maju, Jepang juga dikenal dengan negara dengan industri muiknya yang maju pula. Dengan J-pop atau J-rocknya yang unik, Jepang semakin menancapkan pengaruhnya ke seluruh penjuru dunia. Nah, meski memiliki industri musik yang maju, Jepang ternyata tidak serta merta melupakan musik-musik tradisional ataupun musik peralihan dari tradisional ke musik modern. Salah satunya adalah Enka.

Enka adalah musik bernada melankolis, biasanya bertemakan patah hati, sake wanita, tempat seperti; stasiun, sawah dan lain sebagainya. Jenis musik ini diperkenalkan pada jaman meiji dan berkembang pesat hingga akhir 1980-an. Dan mulai tersendat perkembangannya setal musik modern masuk ke Jepang yang kemudian berevolusi menjadi J-pop, Jrock dan lain sebagainya.


Namun bukan berarti Enka punah. Musik-musik berirama melankolis ini masih digemari oleh masyarakat Jepang terutama orang berusia 40 tahun ke atas, yang biasanya dilantunkan di bar-bar, atau onsen untuk menemani minum sake.

Pada tanggal 26 Juni mendatang, Enka kedatangan seorang penyanyi muda debutan baru. Dia adalah Tanabe Okura (33). Tanabe akan merilis debut single yang berjudul “Koyoi mo Sasoizake” pada tanggal 26 Juni mendatang. Untuk itulah pada tanggal yang sama ia mengadakan konser keliling negeri untuk mempromosikan debut singlenya tersebut.

Selain single Koyoi mo Sasoizake yang bercerita tentang kisah patah hati seorang laki-laki, ada dua single baru yang disiapkan untuk melengkapi debut singlenya. Dua lagu tersebut berjudul “Tsuki ni Murakumo” dan “Hana ni Kaze”. (naz)




No comments: