COMIC MARKET SALAH SATU IKON JEPANG

Pada tanggal 17-19 Agutus di Tokyo Big Sight, Tokyo Jepang dihelat acara Komike terbesar di dunia. Komike adalah kependekan dari kata Comic Market yang merupakan ajang pamer dan promosi produk-produk subculture otaku seperti, manga, novel, anime, game komputer, musik, dojinshi dan lain sebagainya. Komikke tahun 2007 ini diikuti oleh 36 ribu klub dan dihadiri kurang lebih 500 ribu orang yang datang dari seluruh penjuru Jepang dan dunia! Dalam acara ini juga diselenggarakan berbagai macam lomba seperti cosplay dan lain sebagainya. Para pesreta yang datang pun juga unik. Sebagian dari mereka ada yang datang dengan mengenakan cosplay, dan para pengunjungnya rata-rata membawa tas ransel yang besar, agar mereka dapat membawa barang yang banyak, karena dalam acara ini barang yang ditawarkan relatif lebih murah.


Komike sendiri sudah ada sejak lama, tepatnya mulai pada tahun 1975, dimana pada saat itu, subkultur otaku mulai booming di Jepang. Sejak tahun 1996 acara ini diselenggarakan di Tokyo Big sight, dan ini adalah ke 72 kali acara ini diselenggarakan. Acara ini diselenggarakan setiap 2 kali dalam setahun yaitu pada saat musim panas dan musim dingin. Pada hari pertama diselenggarakan acara yang berkaitan dengan anime, sedangkan pada hari kedua adalaha cara yang berkaitan dengan game dan ada hari terakhir adalah acara yang berkaitan dengan manga. Pada hari terakhir banyak club-club yang mempromosikan dojinshi (komik amatir) yang mereka buat. Mereka dengan bangga mempersembahkan berbagai macam cerita manga, dengan teknik gambar yang bervariatif. Jadi jangan heran jika Jepang menjadi kiblat komik dunia dan mampu menguasai dunia melalui komik!

Jika diamati lebih jauh lagi, dojinshi-dojinshi yang beredar dalam acara ini juga tidak sedikit yang memparodikan cerita-cerita komik terkenal seperti Kido Senshi Gundam, Tenis no Ojisama, dan cerita yang sedang populer dikalangan para gadis belia Katei Kyoshi Hitman REBORN! dan stan club dojinshi yang memparodikan cerita REBORN, dipadati oleh pengunjung.

Di sisi lain, tampak stan yang mempromosikan produknya dengan menggunakan "wanita perkasa". Para "wanita perkasa" ini sedang digemari oleh kalangan otaku laki-laki setelah blog manga yang berjudul "Tonari no 801 Chan" menjadi best seller. Selain itu juga tampak beberapa club yang membuat cerita yang melibatkan "wanita perkasa" juga tampak dipadati oleh pengunjung.

Jika kita melanjutkan perjalanan ke cosplay corner, maka disana akan dijumpai berbagai macam penampilan menarik para gadis yang berdandan unik. Pada tahun ini, cosplay yang banyak ditemui adalah cosplay yang terinspirasi oleh anime yang baru diputar pada bulan april tahun ini, Tengen Toppa Gureragan.

Karena banyaknya club yang mengikuti acara ini, maka sebelum masuk ke acara ini hendaknya membeli catalog seharga 2000 Yen sehingga memudahkan proses pencarian barang yang seseuai dengan keinginan.

Dalam acara ini perputaran uang yang terjadi sangat luar biasa. Dan semangat para otaku yang mengikuti acara ini membuat subkultur otaku bisa bertahan dan semakin berkembang menjadi salah satu ikon Jepang dimata dunia.(naz)

No comments: