NEBUTA FESTIVAL DAN GUNDAM RAKSASA

Pada bulan Agustus, di Jepang banyak sekali dihelat berbagai macam festival tradisional. Salah satu yang terkenal adalah Nebuta Festival yang diselenggarakan di Kota Aomori, Jepang. Festival yang diselenggarakan pada tangal 2-9 Agustus ini telah ada sejak lama.

Nebuta Festival sendiri adalah sebuah festival yang ditujukan untuk memeperingati seorang jendral perang dimasa lalu yang mampu membuat makhluk raksasa untuk menakuti lawan. Sedangkan Nebuta sendiri adalah sosok makhluk yang dibuat oleh jendral tersebut, berupa tokoh perang yang gagah dan menakutkan, atau makhluk yang menakutkan. Nebuta sendiri terbuat dari kayu pilihan, yang kemudian dibungkus dengan kertas Jepang yang kemudian dilukis sosok makhluk yang menyeramkan.


Pada festival kali ini, gambar nebuta yang dibuat berukuran cukup besar, yaitu dengan tinggi 5 meter dan lebar 9 meter. Untuk meberikan efek yang menyala, di dalam nebuta tersebut dipasangi lilin.

Dalam acara ini juga banyak orang yang berteriak "Rassera, Rassera" yang menunjukkan semangat dan spirit kemenangan. Selain itu tabuhan genderang taiko dan kembang api membuat suasana semakin meriah.

Festival yang diselenggarakan tujuh hari ini tiap tahunnya dihadiri kurang lebih 3,5 juta orang yang datang dari seluruh penjuru Jepang bahkan dunia.

Gundam Raksasa di Festival Nebuta

Jika pada tahun sebelumnya hanya sosok nebuta saja yang menjadi perhatian, tahun ini dalam festival nebuta kehadiran sosok penting yaitu patung robot Gundam (tokoh rekaan dalam film animasi yang diputar sejak 30-an tahun lalu) raksasa yang terbuat dari kayu dan kertas. Munculnya sosok gundam dalam festival tradisional ini menunjukkan bahwa Gundam adalah salah satu tokoh yang dekat dengan masyarakat Jepang. Selain itu Gundam juga sudah menjadi ikon Jepang dimata dunia. Oleh karena itu jangan heran, jika suatu saat nanti akan ada festival Gundam. (naz)

Keterangan foto :
1) Seluruh elemen masyarakat baik tua maupun muda ikut beraksi di depan Nebuta.
2) Patung raksasa Gundam yang turut menyemarakkan festival Nebuta.

sumber foto : Mainichi Shinbun

No comments: