Tahun Baru 2012 di Jepang

Seperti di negara lainnya dalam menyambut tahun baru. Jepang juga memiliki tradisi sendiri dalam menyambut pergantian tahun ini. Berikut adalah tradisi-tradisi dalam menyambut dan memperingati tahun baru ala Jepang.

1. Hatsumode (初詣), sembahyang tahun baru orang Jepang


Hatsumode adalah tradisi sembahyang di kuil pada hari pertama di tahun baru, meminta para dewa menjaga kesehatan keluarga mereka dan memberikan rejeki yang melimpah, serta membeli jimat-jimat untuk hal-hal yang ingin diwujudkan atau diinginkan untuk tahun yang akan datang. Ratusan ribu orang akan memadati kuil-kuil Shinto/Buddha pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari. Lonceng akan dibunyikan tepat pada tengah malam yang menandakan Jepang telah masuk ke lembaran baru.


2. Osechi


Tahun baru tidak akan ada artinya jika tidak ada hidanfan enak di ruang makan keluarga. Maka, disiapkanlah osechi ryouri (お節料理). Biasanya tidak perlu yang mewah-mewah, yang terpenting ada. Osechi adalah hidangan laut seperti ikan, udang dan sedikit sayur-sayuran yang disajikan di dalam kotak makanan, mirip kotak bento tapi bukan kotak bento, melainkan kotak jubako yang disusun bertingkat-tingkat.

Secara tradisi, osechi dimakan saat sarapan pagi, makan siang dan makan malam selama tiga hari berturut-turut. Tapi di jaman modern ini, banyak keluarga yang makan osechi di satu hari saja.


3. Otoshidama


Di Jepang juga punya kebiasaan membagi uang angpaw ke anak-anak di tahun baru, namanya otoshidama.


4. Nenganjo


Selain itu, ada juga kebiasaan mengirimkan kartu pos tahun baru (年賀状, nengajō).


5. Kadomatsu (hiasan tahun baru)


Menjelang tahun baru, di pintu-pintu depan rumah akan dipasang suatu dekorasi tahun baru khas Jepang yg terbuat dari bambu dan pinus, namanya kadomatsu (門松), yang bertujuan agar di tahun tersebut Tuhan datang ke rumah dengan harapan di tahun itu orang-orang di dalam rumah diberi kebahagiaan dan kemakmuran.



6. Hatsu-uri


Tidak ketinggalan untuk urusan shopping, toko-toko mengadakan sale besar-besaran menyambut tahun baru, namanya hatsuuri (初売り, penjualan pertama). Banyak orang bersiap-siap untuk memborong. Karena diskonnya bisa sampai 85% dari harga asli. Di kota lain ada juga even serupa tapi tidak sama bernama Fukubukuro (福袋) dimana toko-toko menyiapkan kantong yang berisi berbagai barang yang dijual ditoko. Antrian panjang juga menghiasi acara hatsu-uri ini karena banyak orang menjadi antusias. Dan masih banyak lagi lainnya. (def)


Akhir kata, seluruh redaksi FUREAI Magazine Online mengucapkan



新年明けましておめでと

Shinnen Akemashite Omedeto
Selamat Tahun Baru 2012


















source :
http://mawanzan.blogspot.com/2009/12/tahun-baru-ala-orang-jepang.html
http://www.jepang.net/
http://samuraidave.wordpress.com/2006/12/30/new-years-eve-at-a-japanese-shrine-in-tokyo/


No comments: