Kolom
Imutake, Surga bagi Capung

Jepang kaya akan keindahan alam. Salah satunya adalah danau yang bernama Imutake. Imutaike adalah danau alami yang dikelilingi oleh gunung, terletak di 40 kilometer arah utara Kagoshima, tepatnya di Satsumasendai prefektur Kagoshima. Oleh Ramsar Convetion danau ini ditetapkan sebagai salah satu daftar lahan basah penting dunia.

Muitake memiliki jari-jari 4 kilometer, dengan kedalaman 3,5 meter dan dikelilingi oleh pasir yang dihasilkan dari letusan gunung berapi. Danau ini terletak di ketinggian 450-500 meter di atas permukaan laut.dilihat dari letak dan ketinggiannya pasti semua orang tahu jika danau ini terbentuk dari kawah letusan gunung berapi kuno.

Danau ini dilindungi oleh pemerintah Jepang, dalam usaha perlindungan terhadap bekko-tonbo, yaitu capung berwarna merah keemasan dan memiliki sayap terawang pada masa anak-anak akan berubah menjadi hitam pada bagian tubuhnya dan mengeluarkan sayap pada masa dewasa. Bekko-tonbo bisa ditemui di Jepang pada bulan April hingga Juni. Pada tahun ini sebanyak 2.300-an capung dalam satu hari terlihat di danau ini. Tahun-tahun sebelumnya, capung in hanya terlihat 1.000 ekor setiap hari. (naz)


No comments: