NEWS
Festival Menanam padi di Desa Shirakawa Perfektur Gifu

Pada tanggal 28 Mei, diselenggarakan Festival Menanam Padi di desa Shirakawa, perfektur Gifu. Desa ini merupakan desa tua di Jepang yang masuk dalam salah satu warisan dunia. Dalam festival ini, para gadis-gadis desa yang disebut dengan saotome ini, menanam padi dengan cepat sambil bernyanyi. Mereka menanam padi dengan menyesuaikan ritme lagu yang dinyanyikan.

Meski festival ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu, namun pertama kali diperkenakan oleh pemerintah setempat 21 tahun lalu, tepatnya pada saat wisatawan yang datang ke daerah ini mengalami penurunan. Dengan menyelenggrakan Festival Menanam Padi ini, tampaknya pemerintah setempat berhasil menarik minat wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Festival ini dimulai pada jam 10 pagi, sekitar 10 orang saotome (gadis-gadis penanam padi dengan cepat) dengan menggunakan kimono kerja berwarna biru dan tali merah yang mengikat lengan kimono supaya tidak kotor dan menggangu pekerjaan, turun ke sawah yang sudah siap untuk ditanami padi dengan luas sekitar 4 are. Setelah mereka mulai menanam padi pada baris pertama, jeperetan kamera dari para wisatawan yang datang menghujani para gadis-gadis ini. (naz)

No comments: