Bedah Komik di Japan Foundation Jakarta

Komik adalah salah satu bidang yang relatif tidak tersentuh dalam wacana intelektual dan akademis di Indonesia . Pandangan umum di Indonesia adalah bahwa komik memiliki sifat yang dangkal, ringan, dan identik dengan anak-anak/remaja. Dengan pandangan demikian, maka kebanyakan orang memandangnya tidak cocok untuk dijadikan sebagai bahan kajian yang bersifat ilmiah.

Tidak banyak yang menyadari bahwa komik memiliki beragam jenis. Jenis-jenis tersebut terentang dari yang bersifat sangat ringan, hingga sangat serius. Dari yang dangkal, hingga yang memiliki bobot filosofis yang sangat dalam. Kami percaya bahwa ada beberapa komik dari Jepang yang patut untuk dijadikan sebagai objek kajian ilmiah. Salah satu di antaranya adalah komik “Budha” yang diciptakan oleh Osamu Tezuka ini.

Osamu Tezuka dianggap sebagai seorang tokoh yang paling banyak memberikan pengaruh terhadap perkembangan komik Jepang. Begitu besar pengaruhnya, sehingga beliau seringkali disebut-sebut sebagai ‘Dewa Manga’ Jepang. Acara bedah komik akan membahas salah satu karya monumental beliau, yaitu komik dengan judul ‘Budha’. Komik Budha adalah komik yang menceritakan perjalanan Sang Budha, mulai dari kelahiran Beliau, pencerahan yang berhasil Dia capai dan hingga kematiannNya. Komik yang dituliskan oleh Tezuka, sangat sarat dengan pesan moral dan padat dengan nuansa filosofis agama Budha. Kami percaya bahwa komik ini adalah pilihan yang tepat untuk mengadakan acara bedah komik ini.

Acara ini diselenggarakan oleh the Japan Foundation bekerjasama dengan Kepustakaan Populer Gramedia yang merupakan penerbit komik tersebut ke dalam bahasa Indonesia . Kami harap bapak/ibu bersedia untuk menghadiri acara tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut tentang acara ini, anda dapat menghubungi staf kami, Dipo D. Siahaan, melalui telepon ke (021) 520 1266 atau melalui email ke dipo@jpf.or. id.

___________________________________________________________________

Hari/Tanggal : Rabu, 11 Juli 2007
Jam : 13:30 WIB

Acara : Diskusi dan Bedah KomikBudhakarya Osamu Tezuka
Pembicara : 1. Siti Dahsiar Anwar (Pakar Agama Dan Masyarakat Jepang
2. Hikmat Dharmawan (Pemerhati Komik dan Novel Grafis)
3. Tyas Palaar (Wartawan majalah Animonster)

Tempat : Aula The Japan Foundation, Jakarta
Gedung Summitmas I, Lt. 2
Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 61-62.

______________________________________________________________________________


No comments: