Hakata Gion Yamakasa di Perfektur Fukuoka

Musim panas tahun ini, di kuil Kushida, Kota Fukuoka kembali diselenggarakan festival tahunan yang disebut dengan Hakata Gion Yamakaza, festival yang diselenggarakan mulai dari tanggal 1 – 15 Juli ini telah menyedot perhatian 850 ribu orang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Festival ini telah ada sejak 750 tahun lalu. Dimana pada masa itu terjadi sebuah wabah penyakit yang hebat. Untuk mengatasi masalah ini, ratusan para pendeta dari seluruh kuil yang ada akhirnya turun gunung membawa benda suci dari kuil dan air suci yang disebarkan keseluruh penjuru kota. Peristiwa inilah yang menjadi latar belakang diselenggarakannya festival ini.

Layaknya festival Gion di Kyoto, dalam Hakata Gion, Yamakasa, selain mengarak miniatur benda suci kuil, juga terdapat lomba pacu yang paling cepat mengarak miniatur kuil tersebut. Dalam acara ini ada dua jenis miniatur yaitu, Kazariyamakasa (Miniatur berdekorasi) dan Kakiyamakasa (Miniatur yang diangkat).

Kazariyamakasa, memiliki tinggi kurang lebih 16 meter, dihiasai dengan berbagai macam patung dewa-dewi, serta tokoh-tokoh legenda yang diletakkan diberbagai sudut kota. Sedangkan Kakiyamakasa tingginya sekitar 5-6 meter, dengan berat hampir mencapai 1 ton. Dan pada puncak acara tanggal 15 juli mendatang, para tim akan beradu cepat membawa miniatur tersebut dengan jarak sekitar 4 kilometer, atau lebih pendek 1 kilometer dari tahun lalu. Dalam balapan yang disebut dengan Oiyama ini, orang-orang akan meneriakkan yel-yel “Oissa Oissa!” diiringi dengan tabuhan genderang, untuk memberikan semangat kepada para peserta dan membuat suasana menjadi lebih meriah. (naz)

http://ca.c.yimg.jp/news/20070713100952/img.news.yahoo.co.jp/images/20070713/maip/20070713-00000006-maip-soci-view-000.jpg

No comments: