Kepincut Jejer Banyuwangi

WAJAH cantik bernuansa oriental muncul dalam pembukaan Surabaya Dance Festival (SDF) 2007, Kamis (12/7). Wajah tersebut milik Uki Naka, penari asal Tokyo, Jepang. Malam itu, Uki tak membawakan tarian khas negerinya.

Secara luwes, Uki menarikan jejer Banyuwangi. Bukan cuma itu, Uki pun fasih berbahasa Indonesia plus sedikit bahasa Jawa. "Saya adalah anak Kota Tokyo yang hanya kenal teater modern dan belum pernah menyentuh tradisi," ungkap lajang berumur 47 tahun itu.

Berawal dari rasa penasaran, Uki mulai menjelajah Indonesia pada 1995. Karena ingin mempelajari kesenian tradisional, dia akhirnya bergabung dengan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Jogja. Tari yang pertama dia pelajari adalah jejer Banyuwangi. "Tari tersebut sangat khas. Ada unsur Bali dan Jawa. Saya pun sering mementaskan tari itu di Tokyo dalam berbagai acara," katanya.

Setelah itu, Uki mulai menyukai kesenian tradisional Jatim dan ingin terus mendalaminya. Dia lantas mendaftar sebagai mahasiswa jurusan koreografi Institut Seni Indonesia. (ode)

source : www.jawapos.com

No comments: