ANGIN TOPAN DI JEPANG

Bulan september bagi orang Jepang adalah bulan yang sangat berat. Bagaimana tidak sepanjang bulan september hingga oktober mendatang Jepang dilanda angin topan berturut-turut. Pada awal bulan ini sebagian besar daerah di pulau Honshu sudah mulai dihantam oleh badai topan no 9 (eye), mulai dari Aichi dan terus naik ke utara hingga mencapai Hokkaido. Akibat badai topan ini 1 hilang dilaporkan tewas dan 1 lagi hilang.

Kurang lebih ada lima jenis topan yang menghantam Jepang pada bulan-bulan ini. Tercatat dalam sejarah, tanggal 21 September 1934, angin topan dahsyat menghatam Jepang, tepatnya di semenanjung Muroto di daerah Shikoku (Jepang bagian selatan), yang mana kekuatan angin topan mencapai 61 meter per detik!. Angin topan ini merenggut 2500 jiwa dan merusak hampir sebagaian besar bangunan dan lahan pertanian. Pada tanggal 26 september 1959 juga terjadi topan yang luar biasa yang dikenal dengan topan teluk ise. Oleh karena itu, untuk mengahadapi banyaknya bencana alam yang pada bulan september maka orang Jepang dituntut untuk selalu siap dan siaga.

Selain membawa korban jiwa, angin topan ini juga merusak berbagai macam infrastrukur seperti listrik, jaringan telpon dan lain sebagainya. Di perfektur Aichi diperkirakan1000 rumah harus kehilangan penerangan dan sukar untuk melakukan komunikasi. Angin topan ini diperkirakan akan meninggalkan Jepang pada tanggal 9 September 2007. (naz)

No comments: