TUKAR NYAWA DENGAN UANG

Hidup Kita Michiru berakhir di usia remaja. Luka parah yang dideritanya dalam suatu insiden nggak mungkin disembuhkan. Michiru pun mengembuskan nafas terakhirnya.

Saat membuka mata, seharusnya Michiru melihat pemandangan surga atau neraka. Yang terjadi, Michiru malah terdampar di sebuah ruangan yang ternyata kantor biro Z-Loan. Hah? Bukannya Michiru sudah mati?

Nah, mari kita mundur sedikit ke masa lalu. Setelah kehilangan kedua orang tuanya dalam kecelakaan, semangat hidup Michiru nyaris mendekati nol. Teman-temannya sering memanfaatkannya sebagai pesuruh. Kalau dipikir-pikir sih nggak ada seorang pun yang benar-benar bisa Michiru sebut sebagai teman. Terkadang Michiru berpikir untuk mati saja daripada menjalani hidup yang menyedihkan seperti itu.


Pandangan Michiru tentang hidup berubah total setelah berinteraksi dengan Tachibana Shito dan Akatsuki Chika. Keduanya mendadak populer setelah lolos dari insiden maut enam bulan lalu. Tanpa sengaja, Michiru mengetahui rahasia Shito dan Chika. Rahasia bahwa keduanya bisa bertukar tangan kanan dan mengeluarkan senjata dari situ. Chika bisa mengeluarkan katana, sedangkan Shito revolver.

Kemampuan istimewa Shito dan Chika ini didapatkan dari Beckou, direktur Z-Loan. Beckou menghidupkan mereka kembali dengan syarat harus membayar sejumlah uang. Hutang yang jumlahnya sangat biadab untuk ukuran pelajar itu harus dibayar dalam tempo setahun. Lewat dari itu, mereka bakal kehilangan hati dan kesadarannya sebagai manusia. Nggak beda dengan zombie yang kini mereka buru.

Bekerja sampai jungkir balik juga Shito dan Chika nggak mungkin bisa melunasi hutagnya. Oleh sebab itu, Beckou memberi mereka jalan pintas untuk membayar hutang. Caranya, mereka harus memburu para zombie yang bergentayangan di kota!

Membedakan zombie dengan manusia biasa tentu nggak mudah. Makanya, Shinigami no Me (Shinigami Eyes) Michiru sangat berguna. Dengan mata istimewanya ini, Michiru bisa merasakan kematian seseorang. Inilah alasan utama Shito dan Chika mengembalikan nyawa Michiru. Walaupun itu artinya hutang mereka pada Z-Loan semakin menggunung.

Kini, berbekal nyawa yang "dibeli" dengan uang, Michiru menjadi bagian dari tim pemburu zombie Z-Loan. Rasa takut yang dulu sempat menghantuinya kini lenyap. Michiru mulai bisa menikmati hidupnya yang baru. Hidup yang nyaris terenggut darinya.

Bisakah Shito dan Chika melunasi hutang pada Z-Loan? Siapa sebenarnya Beckou? Dari mana munculnya zombie-zombie yang meneror kota?

Seandainya kamu ada di posisi Michiru, jalan mana yang akan kamu pilih? Menerima kematianmu dan pergi ke dunia lain? Atau mencoba sekali lagi menjalani hidup dan melakukan hal yang kamu suka dengan risiko berubah jadi monster kelak?

Kedua pilihan inilah yang mengawali kisah Zombie Loan. Sejak diterbitkan Enix pada 2003, karya yang lahir dari tangan duo Peach-Pit, Banri Sendo dan Ebara Shibuko, ini telah mencapai delapan volume.

Zombie Loan menawarkan cerita yang cukup kelam. Meski melibatkan makhluk yang nggak bisa mati, serial ini nggak bisa diberi label horor. Untuk mendapat label thriller pun Zombie Loan kurang menegangkan.

Salah satu poin plus Zombie Loan adalah desain karakternya. Para tokohnya adalah bishounen dan bishoujo yang sangat cute dan kontras dengan atmosfer cerita yang cenderung suram. Yah, walaupun sesekali ada komedi jayus yang diselipkan Peach-Pit.

Cerita Zombie Loan cocok untuk menemanimu ngabuburit. Nggak terlalu kompleks, tapi juga nggak terlalu ringan. Ssst, pas baca, pastikan di belakangmu nggak ada siapa-siapa ya. Waspadalah, siapa tahu zombie mendadak muncul dan menyergapmu! (ran)

Zombie Loan
Mangaka: Peach-Pit
Terbit: Mei 2003
Penerbit: G-Fantasy (Enix)
Jumlah tankoubon: 8 (ongoing)
Produksi: XEBEC M2
Tayang: TV Asahi, 3 Juli 2007
Jumlah episode: 11 (ongoing)
Sutradara: Nishimori Akira
Skenario: Yamada Yuka
Desain karakter: Sato Chiharu
Musik: Sawano Hiroyuki

Chara
Kita Michiru
Seiyuu: Kuwashima Houko
Melalui sepasang matanya, Michiru bisa membedakan manusia dengan zombie. Cewek yatim piatu ini sempat meninggal sekali. Berkat Chika dan Shito yang berniat memanfaatkan kemampuannya, Michiru bisa hidup kembali. Michiru cenderung pemalu dan sulit mengungkapkan isi hatinya. Namun, bergaul dengan Chika dan Shito sedikit mengubah sikapnya.

Akatsuki Chika
Seiyuu: Suzumura Kenichi
Oleh teman-teman sekolahnya, Chika disebut B-san. Dia adalah salah satu orang yang selamat dari insiden dahsyat. Chika gampang panas dan main tabrak tanpa pikir panjang. Tapi, cowok yang punya seorang adik cewek ini sangat menghargai nyawa makhluk hidup. Saat memburu zombie, Chika mengandalkan katana sepanjang 105 cm yang dibentuknya dari ektoplasma.

Tachibana Shito
Seiyuu: Sakurai Takahiro
Julukan cowok cool ini adalah A-san. Dibanding Chika, Shito jauh lebih kalem. Shito sering mengeluarkan kata-kata tajam, terutama pada Chika. Sama seperti Chika, Shito sangat menghargai nyawanya. Prioritas Shito saat ini adalah melunasi hutangnya pada Zombie Loan agar bisa kembali menjalani hidup sebagai manusia. Dalam medan perang, dia ditemani pistol revolver Ruger Redhawk yang beratnya 1,644 kg.

Watashimori a.k.a. Beckou
Seiyuu: Morikawa Toshiyuki
Orang yang terkesan pemurung inilah yang memberi hutang pada Chika dan Shito. Penampilannya terlalu sederhana untuk ukuran seorang direktur. Relasinya cukup luas. Dia memperkenalkan diri sebagai Beckou, pemimpin Z-Loan. Namun, Chika lebih sering memanggilnya Watashimori.

Yuuta
Seiyuu: Saito Chiwa
Bawahan Beckou di Z-Loan. Yuuta sering tampil dengan outfit cute yang menyamarkan level otaknya. Dialah yang diandalkan Chika dan Shito untuk menggali informasi seputar zombie buruan mereka. Cowok pecinta Black Grotesque ini sering bicara dengan teknik ventriloquise. Sebagai pengganti boneka, dia menggunakan tangan kanannya yang dinamai KenKen dan KonKon si tangan kiri.

Kuze Shimotsuki
Seiyu: Goto Saori
Saat Michiru membutuhkan tumpangan, Beckou menghubungi cewek imut ini. Dengan dandanan ala lolita, nggak ada seorang pun, termasuk Michiru, yang menyangka bahwa Shimotsuki adalah direktur Kokuba Gakuen. Wajahnya selalu terlihat tanpa ekspresi. Hal ini menciptakan imejnya sebagai orang yang susah didekati. Sebenarnya sih dia masih punya sisi childish yang kadang-kadang ditunjukkannya di depan Michiru.

Yoimachi Koyomi
Seiyuu: Ueda Kana
Salah satu penghuni Kokuba Gakuen. Koyomi merupakan sahabat pertama Michiru di asrama tua yang sudah bobrok itu. Sehari-hari, Koyomi tampak sebagai cewek periang yang hobi shopping. Kepribadian lain yang "tertidur" dalam dirinya, Yomi, bakal muncul saat Koyomi mabuk Fantan, minuman favoritnya. Yomi bisa meramalkan masa depan. Karena sifatnya yang moody, Yomi lebih sering "tidur".
source: www.jawapos.com

No comments: