HURUF WAJAH (KAOMOJI?)

Ada emoticon yang punya sebutan kaomoji, yang mulai merebak penggunaanya di kalangan netter dan pengguna SMS. Kaomoji berasal dari Jepang. Secara harafiah, kao berarti wajah, dan moji berarti huruf. Jadi, bisa diartikan bahwa kaomoji adalah huruf-huruf yang dapat mencerminkan ekspresi wajah.

Tampilan kaomoji lebih ekspresif, dibandingkan face mark buatan Amerika, seperti :D atau :-P atau :-). Memahaminya pun tidak perlu memiring-miringkan kepala Anda. Cukup sedikit berimajinasi dengan menatapnya secara tegak lurus, seperti kita membaca biasa. Unsur-unsur karakter khusus yang membentuknya biasanya terdiri dari tanda kurung tutup sebagai wajah, tanda kutip sebagai mata, dan garis bawah sebagai mulut. Kadang kita pun dapat menambahkan gerakan tangan dengan menyisipkan karakter tertentu. Sekilas mirip dengan tokoh-tokoh kartun gaya Jepang. Mukanya bulat, dengan ekspresi mata khas kartun anime. Elemen utamanya adalah karakter tanda kurung yang membentuk pipi dan dan garis bawah yang membentuk mulut.

Contohnya, (^_^) yang digunakan untuk mengekspresikan senyum, atau sedang bahagia. Kalau senyum terpaksa, hilangkan saja tanda kurungnya, sehingga menjadi ^_^. Ingin menggunakan ekspresi tangan? Bisa saja. Misalnya ingin mengacungkan jempol tanda salut, tinggal ketik seperti ini (^_^)d. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan simbol keringat atau air mata yang sedang mengalir seperti (^ ^;) atau (T-T).

Kaomoji cukup fleksibel. Dengan karakter-karakter dasarnya, Anda masih bisa berkreasi lebih jauh untuk menciptakan simbol ekspresi yang lebih unik. Misalnya, saat Anda sedang ber-chatting ria dengan kawan Anda, dan ditanya apa yang sedang Anda lakukan, Anda bisa menjawabnya dengan gaya anime yang unik.
[Aku lagi santai sambil merokok nih (^ o ^)y-~~~~~]. Menarik kan?

Tersenyum
(^_^)

Tersenyum
(^-^)

Tertawa lebar
(^O^)

Senyum simpul
(^ . ^)

Bersorak riang
\(^O^)/

Berseru
(^ 3 ^)

Senyum malu, tersipu
(*^-^*)

Senyum merona
(o^-^o)

Merasa terganggu
("-" ;)

Gugup
(-_- ;)

Garuk-garuk kepala
f(^_^)

Menangis
(T_T)

Menitikkan air mata
(; _ ;)

Manyun
(" ~ ")

Geram
(>_<)

Marah
(-_- #)

Bete
(+_+)

Pusing
(x_x)

Bertanya-tanya
(?_?)

Melotot, heran
(@_@)

Tidur
(_ _)zzZZ

Bosan sampai ketiduran
(_ _')

Good bye
(^o^)/~~

Memohon
m(_ _)m

Mendengarkan
w(^_^)

Mencium
(*^3^)

Dicium
(*^.^*)

Malu
(=_=)

Tersipu
(#^^#)

Bermimpi
(_ _)..ooOO

Menulis
X(. . )

Berlari
((( (((;^ ^)

Tergesa-gesa
C=C=(;' _')

Putus asa
(o_ _)o

Acungkan jempol
(^ _^)d

Tanda peace
(^ _^)v

Ngajak berantem
(p^ ^)p

Merokok
(" 3 ")y-~~~-

Merokok
y(^o^)..ooOO

Ultraman
(@|@)

Satria Baja Hitam
(@w@)

ET
(-)(-)

Tikus
(" )~

Kodok
n("~")n

Babi
(^o_o^)

Kucing
(=^.^=)

source : unknwon source

1 comment:

Anonymous said...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Lokal/HURUF_WAJAH_KAOMOJI/