Detektif Conan Jadi Duta Resmi KTT G-8

Tahun ini, Edogawa Conan, sosok penyamaran Kudo Shinichi, detektif remaja bertubuh anak SD, bakal semakin terkenal di luar Jepang. Begitu pula sang kreator, Aoyama Gosho. Pundi-pundi yennya bakal menggembung.

Kementerian Luar Negeri Jepang telah "meminang" Conan menjadi duta KTT G-8. Wajah Conan muncul dalam pamflet gratis yang dibuat khusus untuk menyambut pertemuan yang dihadiri petinggi negara Jepang, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Rusia, Inggris, Amerika Serikat, dan Komisi Eropa. Pertemuan tersebut akan dihelat pada 7 Juli di pulau bagian utara Jepang, Hokkaido.

Conan yang ditemani delapan rekannya memperkenalkan sejarah KTT G-8 dan mengenai Hokkaido dalam pamflet setebal 24 halaman itu. Pamflet yang dibuat mirip manga itu diberi titel Detective Conan: A Guide to Summit. Tertarik membacanya? Kunjungi saja situs resmi Kementreian Luar Negeri Jepang untuk men-download seluruh isi pamfletnya.

Selain mempromosikan KTT G-8, Conan sudah dikontrak untuk menjelaskan misi G-8 pada anak-anak dan kampanye yang berhubungan dengan manganya. Tentu saja dengan pamflet yang berbeda. Pamflet versi tersebut dikerjakan dua staf Aoyama, yaitu Ota Masaru dan Kubota Kazuhiro.

Pemilihan Conan sebagai duta KTT G-8 bukan hal yang mengejutkan. Sebab, serial yang volume manganya telah mencapai 60 itu memiliki catatan bagus. Perseteruan Shinichi, wujud asli Conan, dengan Black Organization diikuti fans dengan setia. Manga Conan bahkan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan terjual jutaan kopi di dunia.

Animenya pun nggak kalah populer. Pekan ini, Conan mencapai episode 501 sejak penayangan perdananya pada 8 Januari 1996. Sedangkan movie-nya telah dibuat sebanyak 12 judul. (ran/ANN/MS)

Source : jawapos.com

No comments: